cover
Contact Name
Ni Ketut Adi Mekarsari
Contact Email
adi.mekarsari@unipas.ac.id
Phone
+628123849552
Journal Mail Official
adi.mekarsari@unipas.ac.id
Editorial Address
Universitas Panji Sakti Jl. Bisma No. 22, Banjar Tegal, Singaraja, Bali, Indonesia - 81125 email: adi.mekarsari@unipas.ac.id
Location
Kab. buleleng,
Bali
INDONESIA
Jurnal Manajemen Widya Amerta
ISSN : 24067792     EISSN : 26232367     DOI : https://doi.org/10.37637/wa.v9i1
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Fakultas Ekonomi "Widya Amerta" (p-ISSN: 2406-7792; e-ISSN: 2623-2367) is aimed at the scientific community and practitioners in the field of management, business and industry, universities, and research institutions related to management. JFE "Widya Amerta" contains research results and conceptual studies in the field of management.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2021)" : 9 Documents clear
KOMPETENSI PEGAWAI, DISIPLIN KERJA DAN EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN BULELENG Putu Purnawan; Gede Suardana; Nyoman Suandana
Widya Amerta Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.004 KB) | DOI: 10.37637/wa.v8i1.801

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan disiplin kerja terhadap efektivitas kerja pegawai pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buleleng.  Populasi dalam penelitian adalah pegawai pada Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, dan sampel penelitian ini berjumlah 64 orang dengan teknik sampling menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif melalui analisis regresi berganda, determinasi, T-test, F-test dan analisis kualitatif. Hasil uji-t untuk variabel kompetensi (X1) diperoleh t-hitung sebesar 12,015 dengan probabilitas sebesar 0,000 yang nilainya di bawah 0,05. Dan t-hitung untuk variabel disiplin kerja sebesar 1,256 dengan probabilitas 0,002 yang nilainnya di bawah 0,05. Dengan demikian H1 dan H2 diterima, yang artinya secara parsial kompetensi (X1) dan disiplin kerja (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap efektivitas kerja pegawai (Y) pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buleleng. Sedangkan hasil uji-f diperoleh f-hitung sebesar 79,724 dengan probabilitas sebesar 0,000 yang nilainya di bawah 0,05. Dengan demikian menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu kompetensi pegawai (X1) dan disiplin kerja (X2) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap efektivitas kerja pegawai (Y) pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buleleng. Hasil uji dominan menunjukkan bahwa kompetensi pegawai memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buleleng.
INDEKS KEPUASAN GURU TAMAN KANAK-KANAK DAN TENAGA PENDIDIKAN OLEH DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA KABUPATEN BULELENG Komang Manis Suryani
Widya Amerta Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.739 KB) | DOI: 10.37637/wa.v8i1.797

Abstract

Kualitas pelayanan pendidikan biasa menjadi salah satu indikator kesuksesan sebuah Instansi Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Buleleng, jika memberikan pelayanan dengan kualitas baik maka guru dan tenaga pendidikan akan memberikan interest tersendiri dan kepuasan selama mengurus administrasi. Pelayanan yang berkualitas akan memberikan kepuasan kepada guru dan tenaga kependidikan. Kepuasan ditujukkan dengan adanya keloyalan guru dan tenaga kependidikan  pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Buleleng. Guru serta tenaga kependidikan akan menceritakan mengenai layanan administrasi yang memuaskan kepada orang lain. Data dikumpulkan dengan mempergunakan teknik observasi, interview atau wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Teknik analisis yaitu; tingkat kenyataan dan harapan, tingkat kepuasan dan diagram kartesius. Tingkat kepuasan guru T.K dan Tenaga Kependidikan mencapai 96,62%. Hasil diagram kartesius diketahui; hampir semua indikator berada pada kuadran A (dipertahankan) hanya satu indikator berada dikuadran B yaitu indikator X14 yaitu indikator keamanan pelayanan (Prioritas). Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan tingkat kepuasan guru T.K dan Tenaga Kependidikan atas pelayanan pegawai pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Buleleng mencapai 96,62%. Faktor keamanan pelayanan menjadi prioritas utama. Tidak ada faktor yang berlebih dan rendah. Saran kepada Dinas  untuk meningkatkan kualitas tiga belas (13) indikator yang wajib dipertahankan karena memperoleh skor prosentase (%) di atas 90%. Ketiga belas (13) indikator tersebut berada di kwadran A pada Diagram Kartesius. Menunjukkan bahwa para Guru dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-kanak Kecamatan Buleleng merasa Sangat puas terhadap kinerja Dinas Kependidikan  Pemuda dan Olah raga  Kabupaten Buleleng.
KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA DAN KINERJA KARYAWAN PADA LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DI KECAMATAN SUKASADA Kadek Dwi Candrika Anggun; I Made Gde Metera; Gede Arnawa
Widya Amerta Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.548 KB) | DOI: 10.37637/wa.v8i1.793

Abstract

Kepemimpinan merupakan kemampuan untuk memengaruhi suatu kelompok ke arah tercapainya tujuan. Motivasi merupakan suatu dorongan yang menggerakkan diri karyawan yang terarah atau tertuju untuk mencapai tujuan organisasi perusahaan. Kinerja karyawan adalah penilaian hasil kerja seseorang dalam suatu organisasi dengan tugas dan tanggung jawabnya dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan kepemimpinan, motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada LPD di Kecamatan Sukasada, serta untuk mengetahui faktor yang lebih dominan memengaruhi kinerja karyawan LPD di Kecamatan Sukasada. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, angket/kuesioner dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 19. Teknik analisis kuantitatif yaitu; uji validitas data, uji reliabilitas data, uji asumsi klasik, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, t-test, f-test dan uji dominan. Hasil uji instrumen penelitian diperoleh semua item pernyataan dari variabel penelitian valid dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik disimpulkan sebaran data berdistribusi normal, terbebas dari problem multikolinearitas, tidak terjadi heteroskedastisitas. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh model persamaan garis regresi Y= 0,883+0,470X1+0,361X2, nilai determinasi mencapai 67,6%, berarti 67,6% perubahan kinerja karyawan LPD di Kecamatan Sukasada dapat dijelaskan oleh perubahan kepemimpinan dan motivasi kerja. Hasil uji T test dan hasil uji F test disimpulkan ada pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan ada pengaruh yang signifikan secara parsial, dan simultan kepemimpinan, motivasi kerja terhadap kinerja karyawan LPD Di Kecamatan Sukasada, variabel kepemimpinan yang lebih dominan memengaruhi kinerja karyawan LPD di Kecamatan Sukasada. Saran untuk meningkatkan kinerja karyawan LPD Se-Kecamatan Sukasada dapat dengan menjalankan fungsi-fungsi kepemimpinan dengan baik dan mengadakan kegiatan yang dapat mendorong keakraban antar karyawan LPD.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERIJINAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU SATU PINTU (DPMPPTSP) Luh Artaningsih
Widya Amerta Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.634 KB) | DOI: 10.37637/wa.v8i1.798

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dari dimensi tangible, empathy, reliability, responsiveness dan assurance terhadap kepuasan dan loyalitas.Penelitian ini dilakukan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada 90 orang masyarakat yang megurus ijin.Teknik analisis data menggunakan path analysis dengan program AMOS versi 22. Variabel tangible berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan sebesar 0,321.Variabel empathy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan sebesar 0,320. Variabel reliability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan sebesar 0,426. Variabel responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan sebesar 0,364. Variabel assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan sebesar 0,295.
ANALISIS FAKTOR–FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MAHASISWA KULIAH DI POLITEKNIK GANESHA GURU SINGARAJA Luh Frida Septina; Ni Ketut Adi Mekarsari; Ketut Gunawan
Widya Amerta Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.656 KB) | DOI: 10.37637/wa.v8i1.794

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa kuliah di Politeknik Ganesha Guru Singaraja, serta untuk mengetahui faktor yang paling dominan memengaruhi minat mahasiswa kuliah di Politeknik Ganesha Guru Singaraja. Populasi target dalam penelitian ini adalah 139 orang mahasiswa Politeknik Ganesha Guru Singaraja, kemudian diambil 100 orang sebagai sampel dengan metode random sampling. Data dikumpulkan dengan mempergunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner.  Data diolah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik kuantitatif yang digunakan adalah analisis faktor yang dikomputasi dengan program IBM SPSS for Windows 20. Hasil analisis faktor diperoleh persentase kumulatif varian sebesar 90,597%. Hasil extraction dengan metode Principal Component Analysis diketahui dari 29 indikator pelayanan yang diteliti dapat diringkas menjadi 3 faktor inti. Faktor 1 (Beasiswa) memiliki eigenvalues sebesar 23,813 varian 82,112%. Faktor 2 (Ruangan ber-AC) memiliki eigenvalues sebesar 1,318 varian 4,546%. Faktor 3 (Tugas Akhir) memiliki eigenvalues sebesar 1,142 varian 3,939%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa kuliah di Poltek Ganesha Guru Singaraja adalah faktor beasiswa, faktor ruangan ber-AC; dan faktor tugas akhir; (2) faktor yang dominan memengaruhi adalah faktor beasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada pihak Poltek Ganesha Guru Singaraja untuk meningkatkan faktor beasiswa untuk meningkatkan minat mahasiswa kuliah di Pltek Ganesha Singaraja.
KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK DAN KEPUASAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BULELENG) Kadek Arini Patmi
Widya Amerta Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.483 KB) | DOI: 10.37637/wa.v8i1.799

Abstract

Mewujudkan standar pelayanan masyarakat yang partisipatif, kesamaan hak, keterbukaan dan akuntabel sebagaimana dijelaskan dalam Undang-undang no 25 tahun 2009 memerlukan pernyataan kedua pihak baik lembaga pemerintahan maupun warga negara. Artinya untuk dapat melaksanakan stándar pelayanan masyarakat tersebut, penyelenggara dan pengguna, harus membuat kesepakatan secara demokratis atau dengan sistem (citizen charter), (mulai dari jadwal, lamanya pelayanan, ruang pelayanan, alur pelayanan, hak dan kewajiban penyelenggara. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun secara simultan kualitas pelayanan pegawai dengan indikator fasilitas fisik, perhatian, keandalan, kesigapan, dan jaminan serta untuk mengetahui variabel apa yang paling dominan memengaruhi kepuasan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuisioner dengan sampel berjumlah 100 responden. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan accidental sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Analisis statistik dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t dengan menggunakan bantuan program Microsoft Excel dan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) for windows Version 20,00. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Variabel perhatian, variabel keandalan, variabel kesigapan dan variabel jaminan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat, sedangkan variabel fasilitas fisik secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat. 2) Kualitas pelayanan yang terdiri dari variabel fasilitas fisik, perhatian, keandalan,  kesigapan dan  jaminan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. 3) Variabel jaminan merupakan variabel yang paling dominan memengaruhi kepuasan masyarakat (Studi kasus pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng). Berdasarkan simpulan maka dapat disarankan Variabel perhatian, keandalan, kesigapan dan jaminan adalah variabel yang secara parsial  berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat, hendaknya menjaga dan berusaha ke empat variabel tersebut dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar kepuasan masyarakat meningkat, Variabel fasilitas Fisik, secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Namun, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng hendaknya tidak mengabaikan serta tetap menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan terkait karena variabel fasilitas fisik merupakan variabel yang tidak bisa dipisahkan sehingga terciptanya kepuasan masyarakat.
PENGARUH PENGAWASAN, KOMPENSASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP DISIPLIN KERJA (STUDI PADA BUMDESA DI KABUPATEN BULELENG BALI) Ni Ketut Adi Mekarsari; Ketut Gunawan; Nyoman Suandana
Widya Amerta Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.151 KB) | DOI: 10.37637/wa.v8i1.795

Abstract

Berbagai kasus  penyimpangan tatakelola yang dilakukan oleh karyawan BUMDesa di Kabupaten Buleleng Bali menunjukkan rendahnya Disiplin Kerja Pegawai. Hasil Observasi secara per kasus menunjukkan adanya Pengawasan, Kompensasi dan Kepemimpinan yang masih lemah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengawasan, Kompensasi dan kepemimpinan terhadap Disiplin Kerja Karyawan pada  BUMDesa di Kabupaten Buleleng Bali. Teknik  pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : Teknik observasi,   Wawancara,  Dokumentasi dan Kuesioner. Teknik Analisis data meliputi : a. Teknik Analisis Kuantitatif yang meliputi : 1). Uji Instrumen  : Uji Validitas  dan Uji Reliabilitas; 2).Uji Asumsi Klasik : Uji Normalitas, Uji Multikolonieritas, Uji Heteroskedastisitas; 3). Analisis Regresi Linier Berganda rumus : Ŷ = a + b1X1 + b2X2 + b3X3; 4).   Analisis Determinasi rumus :    D = R2 x 100%; 5).  Uji Hipotesis : Analisis T-test, Analisis F-test, Uji dominan. Hasil analisis  membuktikan terdapat pengaruh secara parsial dan simultan antara Pengawasan, Kompensasi dan Kepemimpinan terhadap Disiplin Kerja Karyawan pada Bumdesa di Kabupaten Buleleng. Variabel Kompensasi paling  dominan mempengaruhi Disiplin Kerja Karyawan pada Bumdesa Kabupaten Buleleng. Untuk itu disarankan agar manajemen Bumdesa meningkatkan Kebijakan terhadap Pengawasan, sistem kompensasi dan Kepemimpinan.
KREDIT BERMASALAH, PERPUTARAAN KAS DAN LIKUIDITAS PADA BUMDES “GUNUNG SARI MAS” BULIAN Margaretha Palangi; Ni Nyoman Resmi; I Dewa Nyoman Arta Jiwa
Widya Amerta Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.29 KB) | DOI: 10.37637/wa.v8i1.800

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan lembaga keuangan desa yang menjalankan kegiatan simpan pinjam atau perkreditan. Besarnya pengalokasian dana BUMDes dalam penyaluran kredit menjadikan pihak manajemen harus memberikan perhatian khusus dalam analisis kredit agar tidak terjadi risiko gagal bayar (risk of default),  yang akan mempengaruhi perputaran kas dan cadangan likuiditas yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL), perputaran kas, likuiditas dan untuk mengetahui pengaruh NPL, perputaran kas terhadap likuiditas baik secara parsial maupun secara simultan serta mengetahui variabel yang lebih dominan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer dan sekunder berupa laporan keuangan tahun 2015-2017, Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan rasio NPL, perputaran kas dan rasio likuiditas (cash ratio) serta analisis korelasi berganda, regresi linier berganda, uji hipotesis denganT-test dan F-test. Berdasarkan hasil perhitungan didapat tingkat rata-rata NPL sebesar 35,27%, rata-rata perputaran kas sebesar 9,32 kali, rata-rata likuiditas sebesar 39,90%. Hasil analisis  koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,778, dengan tingkat keeratan hubungan kuat dan regresi berganda diperoleh model persamaan Y=40,478 – 0,025X1 – 0,873X2. Nilai koefisien regresi variabel NPL (X1) dan perputaran kas (X2) bernilai negatif yang artinya ada pengaruh yang negatif (tidak searah). Hasil uji parsial  NPL terhadap likuiditas thitung ≤ ttabel  = -0,024 ≤ 2,032.dengan simpulan Ho diterima (tidak ada pengaruh yang signifikan), perputaran kas terhadap likuiditas - ttabel > thitung = -2,032  >  -6,849 dengan simpulan Ho ditolak (ada pengaruh yang signifikan) , dan uji simultan NPL dan perputaran kas terhadap likuiditas  Fhitung  > Ftabel  atau 25,262 > 3,28   dengan simpulan Ho ditolak (ada pengaruh yang signifikan). Hasil uji dominan menunjukkan variabel perputaran  kas memberikan pengaruh yang lebih dominan terhadap likuiditas dibandingkan dengan kredit bermasalah.  Hasil penelitian yang dilakukan diharapkan kepada ketua BUMDes “Gunung Sari Mas” Bulian agar bisa meningkatkan perputaran kas dan menjaga standar likuiditasnya agar mampu membayar kewajiban jangka pendek yang segera jatuh tempo.
LIKUIDITAS, KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF DAN RENTABILITAS BUM DESA “SARI SEDANA” DESA SIDETAPA KABUPATEN BULELENG Kadek Lia Peni; I Made Madiarsa; Ni Putu Sri Wati
Widya Amerta Vol 8, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.161 KB) | DOI: 10.37637/wa.v8i1.796

Abstract

BUM Desa, adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola asset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial likuiditas dan kualitas aktiva produktif (KAP) terhadap rentabilitas BUM Desa Sari Sedana Desa Sidetapa, Buleleng, serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis kuantitatif yaitu rasio likuiditas, Kualitas Aktiva Produktif, Rentabilitas, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis determinasi, analisis t-test, analisis f-test dan uji dominan. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh model persamaan garis regresi yaitu Ŷ = 1,935 + 0,003X1 - 0,055X2. Koefisien regresi variabel likuiditas (bertanda positif) mempunyai makna ada pengaruh positif likuiditas terhadap rentabilitas. Koefisien regresi variabel KAP (bertanda negatif) mempunyai makna ada pengaruh negatif KAP terhadap rentabilitas. Nilai determinasi sebesar 65,50%. Ini berarti 65,50% perubahan Rentabilitas BUM Desa Sari Sedana Desa Sidetapa dapat dijelaskan oleh Likuiditas dan KAP. Hasil t-test diketahui nilai thitung variabel likuiditas lebih kecil dari ttabel, nilai thitung variabel KAP lebih besar dari ttabel Hasil uji F test diketahui nilai Fhitung variabel bebas lebih besar dari nilai Ftabel. Variabel KAP mempunyai nilai Standardized Coefficients Beta lebih besar. Simpulan bahwa likuiditas berpengaruh tidak signifikan, KAP berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas. Likuiditas dan KAP berpengaruh signifikan secara simultan terhadap rentabilitas. Variabel KAP yang lebih dominan berpengaruh. Saran kepada pihak BUM Desa Sari Sedana Desa Sidetapa untuk menerapkan prinsip kehati-hatian dalam pemberian pinjaman, menjaga rasio likuiditas yang optimal.

Page 1 of 1 | Total Record : 9